Pesan Error “The system is not fully installed”

Bermaksud memperbaiki registry justru malah Windows XP di laptop bermasalah. Muncul pesan “The system is not fully installed” yang akan memblok proses login ke desktop windows dan jika kita klik OK, windows justru melakukan restart. Panik juga karena tidak mungkin laptopku diinstall lagi, padahal baru diinstall sehari sebelumnya, belum lagi data-data yang belum sempat dibackup. Akhirnya laptop teman, aku gunakan untuk bertanya ke Windows Help Support, diperolehlah jawaban disini dan disini, yang informasinya justru tidak memberikan solusi cepat (mungkin karena tidak mahir bahasa Inggris ya? Jadi tidak tahu maksudnya). Dengan pengetahuan seadanya dan kemampuan bahasa yang sangat minim maka dicoba meraba-raba untuk menerjemahkannya. Tapi tetap saja tidak berhasil dengan baik, emosi mulai melanda, CD master Windows XP diambil dan siap diluncurkan ke CD/DVD Drive, tapi…???

Teringat akan tahun-tahun sebelumnya dimana sering mencoba-coba sistem operasi yang Live CD, dibongkarlah arsip lama yang cukup memusingkan karena CD-CD backup tersebut tidak diberi label. Berselang beberapa jam berlalu, ditemukanlah CD Hiren’s versi 10 yang didalamnya terdapat Windows Mini XP. Langsung saja tanpa pikir panjang CD tersebut meluncur cepat ke CD/DVD Drive laptop, booting dari CD, dan dipilihlah “Boot with Windows Mini XP”. Sambil menunggu proses loading yang cukup lama, karena CD Hirens versi 10 tersebut sudah tergores-gores, dilanjutkan mencari penyebab munculnya pesan error tersebut. Ternyata pesan error tersebut muncul dari Windows Media Player Versi 11 dan file Sysprep, akibat registry yang terubah atau tidak sengaja diubah baik oleh sebuah software atau oleh kita secara tidak disadari.

Bagaimana kita memperbaiki pesan Error “The system is not fully installed” pada Windows XP, ikuti langkah dibawah ini!

1). Persiapkan Windows XP Live, baik Live CD ataupun Live Flashdisk (cara membuat Windows XP Live akan dibahas diartikel selanjutnya)

2). Booting komputer kita melalui Windows XP Live tersebut (melalui CD atau Flashdisk)

3). Setelah Desktop Windows XP terbuka, Klik Start Menu – RUN atau tekan tombol <WIN> + R maka kotak dialog RUN akan terbuka

4). Ketikan Regedit dan Enter, maka Registry Editor akan terbuka

5). Pilih HKEY_USERS dan dan klik menu File – Load Hive…

6). Kotak dialog Load Hive akan terbuka, cari file System yang terdapat padaC:\WINDOWS\System32\Config\ pada hardisk dikomputer kita.

7). Jika sudah ketemu klik tombol Open dan beri nama bebas saja yang penting perlu diingat, karena nama yang kita berikan akan menjadi sebuah folder pada HKEY_USERS

8). Cari Registry pada folder tersebut dengan nama SystemSetupInProgress

9). Klik kanan pada SystemSetupInProgress dan pilih sub menu Modify

10). Ubah nilai 1 menjadi 0 pada kotak Value data: dan klik OK

11). Klik menu File dan pilih Unload Hive…

12). Restart komputer dengan mode Normal (tidak menggunakan Windows XP Live) dan Boom… Pesan Error “The system is not fully installed” menghilang.

Selamat mencoba semoga berhasil…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s